Akankah Dolar AS Kehilangan Dominasi Global?

Akankah Dolar AS Kehilangan Dominasi Global?

Diperbarui • 2022-04-14

Kredibilitas dolar AS dan sistem perbankannya bergantung pada fakta bahwa dolar AS dianggap aman dan berisiko rendah. Itu sebabnya banyak negara di dunia menyimpan cadangan mereka di bank-bank AS dan memegang obligasi AS dalam jumlah besar. Namun, jika kredibilitas dolar terkikis karena politik, sistem moneter dan keuangan internasional ini dapat mulai runtuh.

Langkah AS dan sekutu Baratnya untuk membekukan sebagian besar cadangan devisa Rusia telah menimbulkan kekhawatiran bahwa hegemoni dolar digunakan sebagai senjata.

Mengapa dolar AS berisiko?

  1. Penyalahgunaan dominasi dolar semacam ini akan menjadi bumerang bagi mata uang AS. Semakin banyak AS mempersenjatai dolar, semakin masyarakat internasional akan khawatir bahwa akan ada efek timbal balik yang dapat terjadi di masa depan. Ini akan mendorong ekonomi global untuk menilai kembali ketergantungannya pada dolar dalam hal cadangan devisa.
  2. Goldman Sachs telah memperingatkan bahwa dolar menghadapi risiko yang dapat mengurangi dominasi globalnya, dengan mengatakan beberapa tantangan serupa dengan yang dihadapi oleh pound Inggris sebelum jatuh dari tahta. Pada masanya, sterling adalah mata uang cadangan terbesar di dunia.
  3. Sanksi brutal terhadap Rusia didasarkan pada kekuatan dolar AS, yang merupakan mata uang yang paling banyak digunakan dalam trading, transaksi keuangan, dan cadangan bank sentral. Akan tetapi, dengan secara eksplisit menggunakan dolar sebagai senjata, AS dan sekutunya berisiko memprovokasi serangan balik yang dapat merusak dolar AS.
  4. Bagian dolar dari cadangan bank sentral telah menurun selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2001, dolar menyumbang sekitar 70% dari cadangan devisa. Sekarang, hanya sekitar 59%, menurut data IMF.

07c500c8-eb39-41ce-9b89-57d2054e9f8f.png

Tapi, mengapa dolar tidak kehilangan dominasinya begitu cepat?

Tidak ada alternatif atau pesaing nyata. Dolar AS adalah mata uang cadangan terkuat di dunia. Kita dapat berargumen bahwa dolar AS terdepresiasi setelah pencetakan uang yang gila-gilaan selama tiga tahun terakhir dan inflasi yang panas. Dapat dikatakan juga bahwa kepercayaan dunia terhadap AS sebagai mitra yang kuat semakin menurun. Namun, Anda harus memiliki alternatif selain menukar dolar. Menurut sejarah, mata uang cadangan saling memberi jalan ketika mata uang yang lebih menarik datang. Tiongkok - kekuatan yang meningkat saat ini - sejauh ini tidak menunjukkan alasan bagi ekonomi global untuk mempercayainya.

Bisakah mata uang lain menggantikan dolar?

Euro adalah alternatif utama untuk dolar, mewakili 20% dari cadangan bank sentral. Selain itu, kita juga harus mewaspadai pergeseran ke mata uang yang lebih kecil seperti dolar Australia, won Korea, dan di atas segalanya, renminbi Tiongkok.

Saat ini, indeks dolar masih bersiap untuk naik setelah menguji level di atas 100. Pada sisi positifnya, target besar berikutnya adalah 103.00. Siklus pengetatan yang agresif dari Fed juga diperkirakan akan mendukung dolar dalam jangka menengah hingga panjang.

Grafik 1: Indeks Dolar meningkat sejak awal perang Rusia - Ukraina pada 24/02/2022, mencapai level di atas 99,80.

usdollar-d1-fbs-inc-2.png

Grafik 2: Target indeks dolar berikutnya adalah 103, terakhir terlihat pada tahun 2020.

6edb3875-7710-4c77-948c-55a48f6fa84f.png

Menyerupai

Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis
Yen Jepang Terus Terpuruk, Targetkan Level Psikologis

Yen Jepang kembali mencatat penurunan untuk hari ketiga berturut-turut di hari Rabu (27/03/2024), menyusul ketidakpastian mengenai langkah kebijakan ..Di sisi lain, indeks dolar AS, yang saat ini terus mendapat dukungan dari prospek ekonomi AS yang optimis

Berita terbaru

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari
USDCAD Berusaha Hentikan Penurunan Tiga Hari

USDCAD terlihat berusaha keras mempertahankan momentum bullish pada hari Kamis (28/03/2024),..Pasar akan berfokus pada data PDB Kanada yang dirilis malam ini pukul 19.30 WIB.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera