XAU/USD Perbarui Level Terendah Tahunan, Pasar Fokus pada Fed Minutes

XAU/USD Perbarui Level Terendah Tahunan, Pasar Fokus pada Fed Minutes

Diperbarui • 2022-07-06

XAU/USD berpotensi untuk terus memperbarui level terendah tahunannya di sekitar 1763 menjelang sesi Eropa hari Rabu. Emas anjlok sejadi-jadinya dalam tiga pekan terakhir pada perdagangan sesi Selasa dan menyentuh level terendahnya sejak Desember 2021. Namun, penurunan tajam terlihat relatif terhenti sejenak sepanjang perdagangan sesi Asia di sekitar level bawah multi-hari yang bergerak cukup lambat sebelum kembali melanjutkan penurunannya.

Penurunan terbaru XAU/USD dapat dikatakan sangat terkait dengan pemberitaan yang memperlihatkan kelanjutan langkah yang hawkish baik dari Bank of England (BOE) dan Bank Sentral Eropa (ECB), tanpa mengesampingkan kesiapan China untuk memperkuat koordinasi strategis dengan Rusia. Sejalan dengan dua kondisi di atas juga ada sentimen kehati-hatian di pasar yang mempengaruhi menjelang rilis FED Minutes atau Risalah Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dan laporan pertumbuhan aktivitas sektor Jasa ISM AS untuk Juni, yang diperkirakan akan berada di angka 54,5 berbanding 55,9 pada laporan sebelumnya.

Pesimisme seputar rantai pasokan global di tengah semakin meningkatnya perang antara Rusia - Ukraina bersamaan dengan kekhawatiran penguncian baru akibat covid di China yang terus memperkuat risiko resesi, benar-benar membebani pergerakan XAU/USD. Pesimisme pada data makro meningkat pada hari Selasa setelah Jerman dan Italia mengeluarkan peringatan ekonomi yang diperburuk oleh Bank of England (BOE) yang juga merilis laporan prospek ekonomi yang suram.

Perlu diingat bahwa laporan Pesanan Pabrik AS yang kuat pada bulan Mei, yang mencatat pertumbuhan 1,6% pada basis bulanan dengan revisi kenaikan 0,7% pada laporan sebelumnya, juga berperan memberikan tekanan pada XAU/USD, yang diterjemahkan dari meningkatnya optimisme pasar atas sikap hawkish terhadap kebijakan Fed selanjutnya. Kondisi ini, membuat indeks Dolar AS tetap bertahan di sekitar level tertinggi sejak 2002 sementara hasil rebound awal memudar.

Dapat disimpulkan, bahwa penurunan XAU/USD saat ini tak lepas dari beban atas pesimisme ekonomi dan penguatan dolar AS menuju data/peristiwa utama minggu ini yang harus diemban oleh XAU/USD.

Tren XAU/USD:

XAU/USD diperkirakan masih Bearish dengan mewaspadai koreksi singkat

Trading Plan:

Sell XAU/USD jika break level 1760 dengan target profit di area 1754 hingga ke 1748.

Potensi buy jika XAU/USD rebound menembus ke atas 1772 dengan target profit di area 1778 hingga ke 1782.

XAUUSD 06072022.png

Menyerupai

Berita terbaru

AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion
AUDUSD Berbias Bearish di Tengah Risk-Aversion

Dolar Australia menguat tipis di awal perdagangan akhir pekan ini, namun masih dalam tren penurunan. Pasar diperkirakan sepi karena memperingati Jumat Agung. Dolar AS menguat karena data ekonomi AS menunjukkan ekspansi,

Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi
Data Ekonomi Australia Melemah, Seiring Melemahnya Inflasi

Pasar saham Asia memiliki sentimen sideways dengan bias bearish pada perdagangan Kamis (28/03/2024), karena adanya sentimen ketidakpastian menjelang data indeks harga PCE AS..penjualan ritel Australia dirilis lebih kecil dari perkiraannya.

Deposit dengan sistem pembayaran bank lokal DI INDONESIA

Pemberitahuan pengumpulan data

FBS menyimpan catatan data Anda untuk menjalankan website ini. Dengan menekan tombol "Setuju", Anda menyetujui kebijakan Privasi kami.

Ditelepon kembali

Manajer kami akan menghubungi Anda

Merubah nomor

Permintaan Anda diterima.

Manajer kami akan menghubungi Anda

Permintaan panggilan balik berikutnya untuk nomor telepon ini
akan tersedia setelah

Jika Anda memiliki masalah mendesak, silakan hubungi kami melalui
Live chat

Internal error. Silahkan coba lagi

Jangan buang waktu Anda – tetap awasi dampak NFP terhadap dolar dan raup profitnya!

Anda menggunakan versi browser lama Anda.

Perbarui ke versi terbaru atau coba yang lain untuk pengalaman trading yang lebih aman, lebih nyaman dan produktif.

Safari Chrome Firefox Opera